10 Tips Menjaga Kesehatan Vagina

Cara sederhana berikut ini dapat dijadikan pedoman untuk menjaga agar vagina wanita tetap sehat

Vagina yang sehat bisa diibaratkan setara dengan seorang wanita yang sehat. Sangat penting bagi semua wanita untuk memperhatikan kesehatan vagina mereka.

Tentunya para wanita ingin melindungi diri dari serangan infeksi jamur dan bau vagina. Cara sederhana berikut ini dapat dijadikan pedoman untuk menjaga agar vagina wanita tetap sehat.

Jangan gunakan sabun. Kadang-kadang bau vagina yang sangat kuat bisa memalukan, tetapi ini hanya terjadi pada saat-saat tertentu saja. Hindari membersihkan daerah kemaluan dengan sabun atau cairan pembersih. Vagina bisa tetap bersih dengan sendirinya, karena tubuh sudah memiliki sistem untuk itu. Selain itu, selama menstruasi, cucilah vagina dengan air untuk menjaga kebersihannya.

Jauhkan semprotan dari vagina. Anda mungkin berpikir menggunakan semprotan dengan wangi bunga pada vagina akan memberikan aroma yang harum. Tapi, ini benar-benar bisa merusak tingkat pH vagina dan menyebabkan iritasi serta masalah lainnya.

Menjaga kebersihan selama menstruasi. Untuk vagina yang sehat, sangat penting menjaga kebersihannya terutama selama menstruasi. Jangan gunakan pembalut terlalu lama. Segera ganti bila sudah terasa penuh. Pembalut menyerap darah dan jika digunakan untuk waktu yang lama dapat menyebabkan terbangunnya bakteri dan menyebabkan ruam serta iritasi.

Kenakan celana katun. Pilih celana dalam dari bahan katun karena cepat kering dan juga memungkinkan sirkulasi udara yang baik. Ini dapat membantu mencegah infeksi jamur karena kondisi lembab. Hindari pakaian mewah yang terbuat dari kain seperti renda, sutera, atau bahan sitentis.

Kenakan pakaian longgar. Mengenakan pakaian ketat seperti celana skinny biasanya merangkap kelembaban dan dapat menyebabkan infeksi jamur dan ruam. Jadi sangat penting untuk memakai pakaian longgar.

Memangkas rambut kemaluan. Menjaga kesehatan vagina yang baik dengan secara teratur memangkas rambut kemaluan. Rambut berlebih di sekitar vagina dapat menciptakan lingkungan yang lembab, dan ini dapat menyebabkan bakteri berkembang biak serta menyebabkan infeksi.

Lakukan latihan kegel. Latihan kegel membantu memperkuat otot-otot panggul dan juga membantu para wanita menikmati seks. Saat buang air kecil, cobalah menghentikan jalan urin Anda, dengan mengencangkan otot-otot selama beberapa detik, kemudian lepaskan kembali. Itulah latihan Kegel.

Minum banyak air. Cara terbaik untuk menjaga agar vagina sehat adalah dengan minum air secara berkala. Air membantu membuang bakteri yang ada dalam urin, dan membantu meningkatkan kesehatan vagina.

Periksa perilaku vagina yang aneh. Jika melihat keanehan, seperti bau vagina yang ‘keterlaluan’, gatal berlebihan atau warna yang tidak biasa, penting untuk mengobati gejala ini dengan berkonsultasi pada dokter. Pengobatan secara dini dapat mencegah infeksi vagina berlanjut.

Periksakan pap smear. Karena penyakit kanker terus meningkat, yang terbaik adalah mencegah daripada mengobatinya. Cara terbaik untuk mencegah kanker leher rahim adalah menggunakan tes pap smear setidaknya sekali setahun atau seperti yang disarankan oleh dokter. Ini akan menyelamatkan hidup Anda lebih cepat dan menjaga agar vagina tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *